Emkay.id
DeviceEdukasi

New Vapers Wajib Tahu : Ini Jenis-jenis MOD yang Harus Diketahui

Liquid Kaze Lite

Bagi para new vapers yang ingin mencoba rokok elektrik atau vape dengan menggunakan device jenis mod, penting untuk mengetahui jenis-jenis mod yang ada sebelum memutuskan untuk membeli. Mod merupakan perangkat vape yang memiliki baterai dan komponen lainnya untuk mendukung kegiatan vaping. Ada berbagai jenis mod vape yang bisa dipilih, seperti Mechanical Mod, Variable Wattage Mod, Temperature Control Mod, dan Squonk Mod.

Dalam memilih jenis mod vape yang tepat, new vapers harus memperhatikan kebutuhan dan preferensi mereka dalam ber-vaping. Masing-masing jenis mod memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan memperhatikan faktor keamanan dan petunjuk dari produsen perangkat vape, new vapers dapat merasakan pengalaman vaping yang nyaman dan aman.

Tipe mods sangat cocok digunakan bagi orang yang sudah lama vaping karena membutuhkan perawatan teknikal. Namun bukan berarti new vapers tidak bisa menggunakannya, sekarang sudah banyak cara pengoperasian vape di internet.

Jenis-Jenis Mod Yang Wajib Diketahui New vapers :

Mod merupakan perangkat vape yang memiliki baterai serta komponen lain pendukung kegiatan vaping. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan mods biasanya memakai alumunium supaya lebih tahan lama.

Bedanya dengan pod, mods memiliki ukuran jauh lebih besar dan memiliki bobot agak berat. Apa saja jenis-jenis mod yang harus diketahui new vapers? Simak ulasan berbagai jenis mods vape berikut.

1. Mechanical Mod

Mechanical Mod
Contoh Mechanical Mod

Tipe Mechanical jauh lebih compact daripada yang lain karena tidak memiliki pengaturan suhu. Mechanical menggunakan baterai daripada pengisian daya ulang, secara perawatan lebih menguntungkan dibawa kemana-mana.

Keuntungan memakai Mechanical mods vape daripada jenis-jenis mod lain adalah bahan pembuatannya. Karena memiliki durabilitas cukup tinggi, Mechanical memiliki bahan dasar logam tanpa adanya elektronik rumit.

Anda bisa vaping dengan nyaman karena tidak memiliki batasan daya, sehingga kemampuannya dalam menghasilkan vapor jauh lebih besar. Menariknya, modifikasi perangkatnya bisa dilakukan sesuai preferensi pengguna.

Meski dapat menyusun perangkat sesuai keinginan, Anda perlu memperhatikan faktor keamanan Mechanical mods dari petunjuk yang ada. Tipe mods ini memungkinkan Anda lebih menghemat biaya karena menggunakan sistem daya baterai.

 

2. Variable Wattage Mod

Variable Wattage Mod
Contoh Variable Wattage Mod

Tipe Variable Wattage jauh lebih populer jika dibandingkan dengan Mechanical mods. Hal ini disebabkan oleh berbagai keunggulannya seperti kemampuannya dalam mengatur daya vape sesuai kebutuhan pengguna.

Kemampuan tersebut dibutuhkan untuk mengatur watt dari coil, Anda bisa merasa nyaman saat vaping sesuai preferensi pribadi. Meski begitu, cara pengaturan wattnya cukup mudah karena tersedia layar yang menampilkan informasi.

Adanya pengaturan watt membuat tipe Mechanical jauh lebih aman dari kemungkinan overheat, overcharge, atau short circuit daripada jenis-jenis mod lain. Jadi, new vapers sekalipun bisa merasakan pengalaman vaping dengan aman.

Dalam penggunaannya, Anda cukup perlu memperbanyak [referensi vaping supaya bisa menggunakannya secara intens. Jangan abaikan faktor keamanan yang sudah diberikan produsen perangkat vape demi keamanan.

3. Temperature Control Mod

Temperature Control Mod
Contoh Temperature Control Mod

Bila Variable Wattage mampu mengontrol watt, maka Temperature Control Mods memungkinkan pengguna mengatur suhu. Adanya resistensi kawat sebagai bahan pembuatannya, tipe ini mampu mengondisikan perangkat ketika berada di suhu tinggi.

Keunggulan memakai tipe Temperature Control tentunya keakuratan penngaturan suhu. Jadi new vapers bisa menghindari risiko dry hit yang tercipta dikala suhu vape mencapai ketinggian tertentu.

Selain itu, Anda bisa melakukan kostum pada kawat resistensinya. Jenis-jenis mod lain tidak bisa mengganti kawat resistensi, sedangkan Temperature Control bisa mengganti kawat seperti titanium, nikel, atau stainless steel.

Adanya pengaturan suhu membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk coil. Bila Anda bisa mengontrol suhu dengan tepat, maka bisa membuat umur coil lebih tahan lama.

4. Squonk Mod

Squonk Mod
Contoh Squonk Mod

Hal yang membedakan Squonk mod dengan jenis-jenis mod lain adalah ketersediaan botol squonk. Pada botol tersebut, Anda bisa mengisi liquid sesuai selera. Sehingga sangat mungkin untuk merasakan pengalaman vaping menyenangkan.

Kapasitas botolnya sendiri lebih besar, jadi daya tamping liquidnya lebih banyak. Anda bisa melakukan vaping tanpa perlu sering mengisi botol. Selain itu, settingan pembuka botolnya cukup mudah dioperasikan.

Bila ingin mengisi botol squonk, Anda hanya perlu memompa botol dan membiarkan liquid mengalir memenuhi botol tanpa perlu membuka bagian tank pembuka. Kehadiran botol squonk mampu meminimalisir terjadinya kebocoran liquid.

Vaping menjadi lebih nyaman karena tidak perlu mengatur coil, Squonk mod sangat mudah mengaliri coil dengan baik. Jadi rasa yang dihasilkan vape akan lebih konsisten.

Kelebihan dan Kekurang 4 Jenis Mod :

Setelah kita tahu 4 jenis mod diatas dan apa yang membedakan dari masing-masing mod tersebut, berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan dari 4 jenis mod diatas, agar new vapers bisa mempertimbangkan dalam memilih device mod yang ingin digunakan.

Jenis Mod

Kelebihan

Kekurangan

Mechanical

  • Tidak terlalu rumit dan mudah digunakan
  • Bahan dasar logam yang kuat dan tahan lama
  • Kemampuan menghasilkan vapor besar
  • Mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna
  • Menghemat biaya karena menggunakan baterai
  • Tidak ada pengaturan suhu, sehingga kemungkinan terjadi overheat atau short circuit lebih besar
  • Perlu memperhatikan faktor keamanan dan penggunaan baterai yang tepat

Variable Wattage

  • Memiliki layar untuk menampilkan informasi pengaturan watt
  • Kemampuan mengatur daya vape sesuai kebutuhan pengguna
  • Lebih aman dari kemungkinan overheat, overcharge, atau short circuit
  • Mudah digunakan
  • Biaya yang lebih mahal dibandingkan Mechanical Mod
  • Perlu memperbanyak referensi vaping agar bisa menggunakannya secara intens
  • Perlu memperhatikan faktor keamanan dan penggunaan baterai yang tepat

Temperature Control

  • Memiliki kemampuan mengatur suhu vape
  • Lebih akurat dan menghindari risiko dry hit
  • Bisa melakukan kostum pada kawat resistensi
  • Umur coil lebih tahan lama
  • Biaya yang lebih mahal dibandingkan Mechanical Mod dan Variable Wattage Mod
  • Pengaturan suhu yang rumit dan membutuhkan pengalaman vaping yang cukup
  • Perlu memperhatikan faktor keamanan dan penggunaan baterai yang tepat

Squonk

  • Memiliki kapasitas botol squonk yang lebih besar sehingga tidak perlu sering mengisi botol
  • Tidak perlu mengatur coil dan dapat mengaliri coil dengan baik
  • Botol squonk mampu meminimalisir terjadinya kebocoran liquid
  • Biaya yang lebih mahal dibandingkan Mechanical Mod
  • Perlu memperhatikan faktor keamanan dan penggunaan baterai yang tepat
  • Setingan pembuka botol yang cukup sulit dioperasikan bagi sebagian orang.

Dengan memperhatikan berbagai varian vape mod, Anda bisa melakukan perawatan sesuai jenisnya. Tetap utamakan keselamatan saat menggunakan vape mods, sebagai new vapers harus pandai memilih jenis-jenis mod dan rajin membersihkannya.

 

Rekomendasi Liquid Yang Nikmat Untuk Vape Jenis Mod

Setelah mengetahui jenis-jenis mod yang tersedia, ada banyak pilihan liquid untuk dicoba. Pada dasarnya liquid yang dapat digunakan untuk device mod ialah liquid dengan jenis freebase. Liquid jenis ini umumnya memiliki perbandingan kandungan PG/VG sebesar 30/70. Berikut adalah beberapa rekomendasi liquid untuk mod vape Anda :

Rekomendasi Liquid Freebase Creamy

Bagi Anda yang menyukai sensasi rasa creamy ada beberapa liquid freebase rekomendasi dari emkay yang wajib dicoba. Liquid ini telah menjadi primadona dan top of mind dikalangan vapers mod, dan berikut listnya :

1. Bananalicious

Bananalicious
Bananalicious Liquid

Sudah tidak heran dengan liquid legend ini. Liquid ini sudah lama menjadi salah satu liquid paling enak dan banyak direkomendasikan para vapers senior. Memiliki sensasi rasa manis nya pisang di tambah segar nya strawbery dibalut dengan cream yang lembut membuat rasa nikmat vaping Anda semakin maksimal. Hadir dalam 2 varian nikotin yaitu 3mg dan 6mg dan dikemas di dalam botol berkapasitas 60ml, liquid bananalicious (Banli) ini dibanderol dengan harga Rp150.000.

2. Bule Bolu

Bule Bolu
Bule Bolu Liquid

Liquid creamy berikutnya yang wajib dicoba ialah Bule Bolu. Liquid ini merupakan liquid yang diracik hasil kolaborasi Emkay Brewer dengan Coilturd salah satu produsen perlengkapan vape mod dari USA. Liquid ini memiliki rasa Bolu pisang yang nikmat, sangat cocok untuk vapers yang menyukai liquid-liquid dengan rasa creamy. Memiliki 2 varian nikotin yaitu 3mg dan 6mg dan dikemas di dalam botol berkapasitas 60ml, liquid Bule Bolu ini dibanderol dengan harga Rp150.000.

Baca juga : Bule Bolu Liquid Kolaborasi Emkay Brewer Dengan Coilturd yang Wajib di Coba

3. Jolly Along Sundae

Liquid Jolly Along Sundae
Liquid Jolly Along Sundae

Bagi Anda yang suka membeli ice cream di restoran cepat saji atau yang lagi viral ice cream dengan icon boneka salju, liquid Jolly Along Sundae ini wajib banget di coba. Liquid Jolly Along Sundae memberikan sensasi rasa ice cream yang lembut ditambah dengan taburan kismis. Menjadi pilihan yang pas untuk Anda yang mencari liquid creamy yang lembut dan juga memberikan sensasi rasa dingin. Liquid ini juga memiliki 2 varian nikotin yaitu 3mg dan 6mg dan dikemas di dalam botol berkapasitas 60ml. Liquid Jolly Along Sundae bisa Anda beli di official website emkay atau di vape store terdekat. Liquid ini dibanderol dengan harga Rp150.000 per botolnya.

Rekomendasi Liquid Freebase Fruity

Setelah kita mengetahui rekomendasi liquid creamy, berikut beberapa pilihan liquid freebase dengan rasa fruity yang wajib di coba oleh new vapers mod.

1. Grappy

grappy liquid
grappy liquid

yang pertama kami rekomendasikan ialah liquid fruity dengan nama Grappy ini. Liquid ini akan memberikan rasa segar nya buah anggur yang dipadukan dengan manisnya buah apel. Memberikan rasa yang unik disetiap puff nya. Liquid ini hanya memiliki 1 varian nikotin yaitu 3 mg dan dikemas didalam botol 60ml. Liquid Grappy ini di banderol dengan harga Rp125.000 per botolnya dan dapat dibeli di official website emkay atau vape store terdekat.

2. Mangopy

Jika grappy memberikan sensai segar buah anggur & apel, Seperti namanya untuk liquid mangopy akan memberikan sensasi rasa asam manis buah mangga yang segar. Di banderol dengan harga Rp125.000/botol liquid ini memiliki 1 varian nikotin yaitu 3mg. Buat Anda yang menyukai dengan rasa asam manis buah mangga liquid ini wajib Anda coba.

3. Kuah Sop Buah

liquid kuah sop buah
Liquid Kuah Sop Buah

Sebenarnya agak bimbang dalam mengkategorikan liquid ini creamy iya fruity juga iya. Nah buat Anda yang mencari liquid dengan perpaduan rasa antara creamy & fruity secara bersamaan, liquid kuah sop buah menjadi pilihan yang pas. Campuran manisnya buah-buahan di dalam kuah susu yang menyegarkan memberikan sensasi vaping yang nikmat juga unik. Memiliki 2 varian nikotin 3mg & 6mg liquid ini dibanderol dengan harga Rp125.000 per botolnya.

Sebenarnya masih banyak liquid creamy dan fruity yang bisa Anda coba. Namun, penting untuk diingat bahwa selera setiap orang berbeda-beda, jadi mungkin Anda perlu mencoba beberapa jenis liquid sebelum menemukan yang cocok untuk Anda. Selalu pastikan untuk membeli liquid dari toko terpercaya dan periksa apakah sudah berpita cukai atau belum. Emkay brewer bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mencari liquid premium dengan banyak pilihan rasa yang nikmat dan pastinya sudah berpita cukai.

Emkay Device Pods

Leave a Comment