Emkay.id
Edukasi

New Vapers Wajib Tahu, Bolehkah Gonta Ganti Liquid pada Catridge POD

Liquid Kaze Lite

Bolehkah gonta ganti liquid di Catridge POD? Pertanyaan ini mungkin mengusik pikiran Anda apalagi yang masih pemula menggunakan Vape atau biasa disebut new vapers. Hal ini juga termasuk para perokok konvensional yang berminat untuk beralih menggunakan rokok elektrik.

Pastinya akan cukup membingungkan di awal. Bahkan kerap kali para pengguna Vape yang juga tidak memahami istilah maupun penggunaan vape yang benar.Di dunia vape, tidak sedikit istilah yang mungkin agak terdengar asing. Juga untuk cara pemakaian dan juga mengisi liquid POD yang belum diketahui dari new vapers. Namun Anda tidak perlu cemas, artikel ini akan menjadi jawaban untuk kebingungan Anda.

Apakah Boleh Gonta Ganti Liquid POD?

Pertanyaan terkait, apakah boleh gonta ganti Liquid POD? Tentu saja bisa dilakukan tanpa harus pusing memikirkan aspek-aspeknya. Kamu juga dapat melakukannya dari waktu ke waktu. Berdasarkan pengalaman para pengguna vape tidak terdapat efek negatif yang dihasilkan setelah melakukan kegiatan ini.

Karena pada dasarnya yang diganti merupakan liquid salt nic yang memang digunakan untuk pod system. Kalau mau mengganti liquid POD, maka ada baiknya membersihkan cartridge maupun ganti sekalian cartridge pada vape.

Cartridge Pod
Cartridge Pod

Hal ini dilakukan agar rasa liquid yang lama tidak akan bercampur ke liquid baru. Namun jika tidak diganti pun masih bisa dilakukan namun rasa yang dihasilkan akan bercampur terlebih dahulu. Kemudian tidak lama rasa liquid yang lama akan menjadi hilang setelah di puff beberapa kali.

Memahami liquid itu sendiri adalah hal yang cukup penting, jika Anda mau gonta ganti liquid. Liquid adalah cairan yang dipakai untuk memberi rasa (flavour) di vape. Namun yang perlu diperhatikan liquid yang digunakan untuk vape Pod ialah liquid berjenis saltnic & liquid Pods Friendly. Tapi untuk new vapers disarankan menggunakan liquid pod yang rendah nikotin agar tubuh bisa beradaptasi dengan kandungan nikotin yang diserap tubuh.

Baca Juga : Wajib Punya! Device Vape Untuk Pemula Wanita 

Bisakah Mencampur Liquid dengan Varian Rasa Berbeda?

Sesudah mengetahui jika gonta ganti liquid bisa dilakukan, mungkin pertanyaan selanjutnya apakah bisa mencampur liquid POD menggunakan beberapa varian rasa? Maka jawabannya bisa saja tapi sangat tidak direkomendasikan. Namun ada hal-hal penting yang harus Anda ketahui lebih dulu.

Isi ulang liquid vape
Isi ulang liquid vape

Rokok elektrik atau vape berada di Indonesia sejak tahun 2010 yang menjadi alternatif baru untuk perokok konvensional. Vape kian mencuri perhatian para perokok aktif karena menawarkan banyak variasi rasa liquid. Liquid adalah cairan dengan berbagai rasa yang akan diubah jadi uap. Sampai sekarang ini telah terdapat berbagai varian rasa, dari varian rasa fruity dan creamy.

Tidak bisa dipungkiri berbagai varian rasa itu memang membuat pecandu rokok konvensional bertanya-tanya dan tidak sedikit yang kemudian menjadi ketagihan. Hal ini yang mendorong sebagian pengguna vape bereksperimen dengan mencampur varian rasa liquid POD berbeda. Tapi disarankan tidak melakukan hal tersebut karena selain rasa yang dihasilkan belum tentu nikmat, kandungan zat didalamnya yang bisa memberikan efek negatif baik bagi vapers sendiri atau bisa juga merusak device vape yang digunakan.

Bahan Utama Pembuat Liquid Vape

Sebelum mengulasnya lebih lanjut mengenai gonta ganti liquid, ada baiknya Anda memahami lebih dahulu apa saja bahan yang terkandung pada liquid Vape. Liquid ini mengandung beberapa bahan utama seperti PG (Propylene Glycol), perasa dan VG (Vegetable Glycerin).

PG VG ini salah satu kandungan liquid vape yang akan menentukan liquid tersebut bisa digunakan pada device Pod atau Mod. Sebagai contoh Untuk liquid yang digunakan pada device Mod umumnya memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi namun nikotin yang lebih rendah. Kenapa? Sebab pada device mod memiliki tinggkat pemanasan yang tinggi sehingga jumlah uap yang dihasilkan jauh lebih besar. Liquid untuk Mod sendiri umumnya disebut liquid freebase.

Sedangkan liquid pada device Pod umumnya jauh lebih encer karena pemanasan pada device ini terbilang cukup kecil sehingga membutuhkan liquid yang lebih encer biasa disebut liquid Saltnic atau Hybrid (Pods Friendly). Karena Encer dan tingkat pemanasan rendah sehingga membutuhkan kadar nikotin yang cukup tinggi untuk bisa mencapai sensasi rasa yang diinginkan. Nah ini yang jadi masalah untuk para new vapers, yang belum terbiasa dengan kadar nikotin tinggi.

Emkay Blast Lite
Liquid Saltnic – Emkay Blast Lite

Tapi saat ini new vapers pengguna pod tidak perlu khawatir, karena sudah ada liquid dengan kadar nikotin rendah yang wajib dicoba. Salah satunya ialah liquid Emkay Blast Lite dari emkay yang memiliki kadar nikotin hanya sebesar 0,9%. Liquid ini sendiri memiliki 3 varian rasa yang wajib dicoba seperti Bubble Gum, Lychee dan Machiato Ice. Untuk melihat rekomendasi liquid pods rendah nikotin bisa simak artikel dibawah.

Baca Juga : Rekomendasi Pilihan Liquid Pod Rendah Nikotin Untuk New Vapers

Kesimpulan

Itulah beberapa pertanyaan yang umun dilontarkan oleh new vapers. Semoga bisa menjawab sedikit banyak rasa penasaran Anda yang baru terjun ke dunia vaping. Tidak masalah untuk gonta ganti liquid pada cartridge yang cuma nanti Anda akan merasakan rasa yang aneh baru setelahnya rasa asli dari liquid yang Anda gunakan. Kami tidak menyarankan untuk Anda mencampur rasa liquid apa lagi pada jenis liquid yang berbeda. Karena selain rasanya belum tentu enak sehingga vaping jadi tidak maksimal juga justru dapat merusak device yang Anda miliki. Semua liquid sudah diracik sedemikian rupa untuk menghasilkan rasa yang maksimal juga menyesuaikan dengan Device yang Anda gunakan.

Emkay Device Pods

Leave a Comment