Emkay.id
EdukasiTips & Trick

Tips Mengatasi Masalah Pada Cartridge POD

Liquid Kaze Lite

Masalah pada catridge POD merupakan salah satu masalah umum yang biasa dialami oleh para vapers. Vape POD merupakan salah satu jenis rokok elektrik yang digunakan untuk merokok melalui corong yang tersambung ke badan alat dengan magnet. Vape menggunakan Pod memiliki kelebihan karena kemudahannya jika dibanding oleh Vape menggunakan device Mod. Apa lagi untuk new vapers tentu sangat terbantu dengan adanya Vape Pod.

Namun meski memiliki kelebihan karena kemudahannya, terkadang ketika digunakan, seringkali terdapat berbagai masalah terutama pada cartridgenya. Hal ini bisa terjadi karena terdapat beberapa cartridge POD dipasaran yang cukup rentan mengalami kerusakkan. Penyebab kerusakan cartridge POD ini beragam, yang dapat diakibatkan kesalahan dalam penggunaannya. Namun, untuk mengatasinya terdapat beberapa langkah yang perlu para vapers Pod ketahui.

Cara Mengatasi Masalah pada Cartridge POD

vape with pods

Cartridge adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan uap dari pod yang rentan menimbulkan masalah. Terdapat beberapa penyebab masalah pada cartridge POD. Misalnya, munculnya embun atau cairan akibat kondensasi pada cartridge vape pod, kebocoran liquid, serta pemasangan cartridge yang tidak tepat pada vape pod.

Selain karena masalah teknis, penyebab masalah pada cartridge Pod bisa terjadi karena penggunaan yang salah seperti melakukan inhale yang berlebihan atau membiarkan vape tidak digunakan dalam waktu yang lama dan sudah terisi liquid didalamnya juga dapat menyebabkan cartridge POD bermasalah.

Masalah cartridge POD juga dapat diakibatkan dari cara penyimpanannya yang salah, misalnya disimpan pada tempat basah atau meletakkannya secara sembarangan, atau bisa juga kondisi baterai yang sudah tidak optimal sehingga pemanasan liquid jadi tidak optimal.

Jika terjadi masalah pada cartridge POD, Anda jangan buru-buru langsung membuang/ mengganti yang baru. Karena berbagai masalah pada cartridge POD masih dapat diatasi dengan beberapa langkah yang sederhana dan mudah, seperti:

Baca Juga : Pods Sering Rusak? Ini Tips Merawat Pods Vape Anda

1. Metode dry-hit

Cara ini digunakan untuk mengatasi kondensasi dan penyumbatan liquid di cartridge POD. Metode ini bisa dilakukan vapers dengan melakukan inhale yang kuat pada bagian mouthpiece saat device vape dalam keadaan mati / cartridge tidak terpasang pada device.

Tujuannya untuk dapat membuka mouthpiece dari kondensasi liquid yang menutupi jalan keluar uap dari perangkat vape. Atau bisa juga memakai tusuk gigi atau jarum kecil untuk membuka jalan udara di bagian mouthpiece.

2. Metode hairdryer

Pemanasan Metode hairdryer menggunakan pengering rambut dengan pengaturan panas minimal. Arahkan hairdrayer pada cartridge sehingga udara hangatnya dapat masuk dan menghancurkan endapan liquid di dalamnya. Kemudian, letakkan vape adengan posisi yang benar untuk membiarkan liquid bergerak ke tempat yang seharusnya.

3. Membalik Cartridge Pod

Kebocoran pada cartridge pod umum terjadi. Liquid bisa keluar pada celah-celah kecil dibagian bawah cartridge. Anda dapat membalik Cartridge pod untuk membuat liquid di dalam cartridge bergerak, sehingga kebocoran liquid dapat diatasi.

4. Bongkar Cartridge

Cara ini sebenarnya kurang direkomendasikan karena selain perlu tools juga pengalaman yang banyak. Namun jika Anda ingin mencoba, Anda bisa membongkar cartridge dan membersihkannya secara manual, tentu jika cara sebelumnya sudah dicoba dan tidak berhasil. Jika sudah selesai membersihkannya, pastikan memasang kembali dengan benar untuk mencegah masalah lanjutan.

Masalah pada cartridge POD biasanya terjadi pada open-pod system saja, karena pada closed-pod system, sudah dibekali dengan desain canggih anti bocor supaya terhindar dari berbagai masalah yang sering terjadi pada cartridgenya. Tapi memang kekurangannya, tidak bisa mengganti liquid sesuai keinginan kita dan tentu cost pengeluaran lebih tinggi karena sistem habis buang.

Open-pod system diproduksi dengan konsep terbuka, sehingga ketika liquidnya sudah habis, penggunanya bisa mengisi ulang. Keuntungan sistem ini yaitu lebih fleksibel dalam penggunaan liquid. Namun, rentan mengalami kebocoran liquid yang dapat merusak vape pod. Jadi kembali ke preferensi masing-masing ingin menggunakan Cartidge Pod Open system atau Close system.

Cara Mencegah Cartridge POD Bermasalah

Cara Mencegah Cartridge POD Bermasalah
Cara Mencegah Cartridge POD Bermasalah

Meskipun kemungkinan vapers Pod akan mengalami masalah pada cartridge POD, namun penyebab – penyebab tersebut masih dapat dicegah atau dikurangi dengan beberapa cara mudah dibawah ini:

  1. Pastikan daya baterai vape pod selalu diisi dengan cukup, karena ketika baterai vape lemah dapat membuat sensasi spitback yang disebabkan oleh pembakaran liquid yang kurang sempurna.
  2. Simpan di tempat yang tepat dan aman, karena jika vape pod disimpan sembarang dapat menyebabkan masalah yang terjadi pada cartridgenya.
  3. Hindari suhu ekstrim karena dapat mempengaruhi kekentalan liquid vape.
  4. Isilah cartridge secukupnya atau sesuai yang direkomendasikan pabrikan. Karena pada setiap cartridge biasanya memiliki batasan pengisian maksimal, hal ini dilakukan supaya tetap membiarkan udara bergerak di dalamnya. Ketika diisi dengan penuh atau melebihi dari standar maksimal yang telah ditetapkan pabrikan, maka liquid akan terdorong oleh udara di dalam cartridge yang menyebabkan kebocoran sehingga merusak vape.
  5. Tidak menggunakan vape pod langsung setelah isi ulang liquid. Ketika isi liquid saat pertama kali, tunggulah 10 hingga 15 menit sebelum memakainya. Hal ini dilakukan agar liquid vape meresap dan kapas didalamnya menjadi basah. Pasalnya, jika kapas belum basah dan pengguna sudah menghisapnya dapat menyebabkan kapas terbakar.
  6. Jangan menekan terlalu kuat posisi coil di cartridge saat isi ulang.
  7. Hindari vape pod atau cartridge jatuh, karena dapat menyebabkan kebocoran dan kerusakan pada komponen didalamnya.
  8. Jika vape pod tidak dipakai, sebaiknya cartridge dilepaskan dari device dan disimpan di tempat yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung.
  9. Jangan sering menghisap vape pod dalam posisi tidur atau rebahan dalam waktu yang lama, karena dapat menyebabkan liquid mengumpul di ujung drip tip yang pada akhirnya coil akan kering.
  10. Merawat vape pod dengan benar, yaitu dengan mengganti cartridge tujuh sampai sepuluh hari sekali untuk menjaga kebersihan POD tetap terjaga dan rasa liquidnya tidak berubah.

Sudah dijabarkan beragam penyebab cartridge POD bermasalah, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips dalam mengatasinya yang dapat dilakukan ketika terdapat masalah pada cartridge POD. Selain itu harga cartridge yang tergolong cukup murah.

Emkay Device Pods

Leave a Comment