Emkay.id
Edukasi

Vapers Pemula Perlu Tahu Cara Merawat Catridge POD agar Awet

Liquid Kaze Lite

Cara merawat catridge POD perlu untuk diketahui supaya vape pod awet dan tidak mudah rusak, terutama bagi pemula. Rokok elektrik atau disebut juga dengan vape saat ini semakin digandrungi, terlebih di kalangan usia dewasa muda.

Vape pod diproduksi sebagai alat untuk menghisap rokok tanpa harus membakarnya. Karena berbentuk elektrik, maka alat ini rentan mengalami berbagai masalah atau kerusakan. Terutama jika tidak mengetahui cara menggunakan serta merawatnya.

Cara Menggunakan Vape Pod Bagi Pemula

Sebelum mengetahui cara merawat catridge POD, sebaiknya mengetahui juga cara menggunakannya, terutama bagi vapers pemula.

Menghisap vapor atau vaping memiliki cara tersendiri yang berbeda dengan cara merokok tembakau yang biasa dibakar. Salah satu keunggulan vape yaitu memiliki berbagai macam rasa tergantung dari liquid yang digunakan.

Ada beraneka macam rasa liquid yang dapat dinikmati dengan harga yang berbeda, mulai dari fruity liquid, creamy liquid, hingga kaze liquid.

Bagi vapers pemula yang belum pernah menghisap vapor sama sekali dan belum mengetahui cara menggunakan serta cara merawat catridge POD, namun ingin mencobanya, berikut cara menggunakannnya.

1. Mengisi Liquid

Untuk dapat mengisi liquid pada vape, terlebih dahulu buka tempat lubang mengisi liquid di cartridgenya. Usahakan mengisi liquid jangan sampai penuh, karena jika melebihi batas pengisian, liquid dapat bocor sehingga menyebabkan kerusakan atau masalah.

2. Menghidupkan Pod Vape

Cara menghidupkan dan mematikan vapor jenis ini, yaitu menekan 3x dengan cepat tombol yang ada pada baterai, jika lampu sudah berkedip maka vapor siap digunakan.

Untuk mematikannya pun sama yaitu dengan menekannya 3x dan berkedip kemudian vapor akan mati.

Baca Juga : Wajib Punya! Device Vape Untuk Pemula Wanita

3. Menghisap Pod Vape

Ketika vapor sudah menyala, untuk menghisapnya tekan dan tahan sekali tombol vapor. sambil menekannya dapat menghisap atau menarik asap dari vapor tersebut. Namun ada juga vape yang tidak harus menekan tombol, jadi ketika menghisap otomatis viring.

 

Cara Merawat Catridge POD agar Awet

Terdapat beberapa cara merawat catridge POD yang dapat dilakukan terutama bagi pemula sehingga tidak mudah rusak dan awet. Berikut ini adalah caranya:

1. Basahi Catridge dengan Sempurna

Sebelum digunakan pastikan catridge POD basah sempurna dan berikan jeda waktu beberapa menit setelah mengisi liquid supaya terserap sempurna untuk menghindari dry hit di awal puff.

2. Menggunakanlah Liquid yang Sesuai

Emkay Blast Lite
Liquid Saltnic – Emkay Blast Lite

Sesuaikan liquid dengan resisten dari coil, contoh resisten coil >1 ohm, maka dapat menggunakan liquid dengan ratio VG:PG 50:50 pasalnya resisten tinggi kurang maksimal melakukan penguapan di liquid kental atau lebih banyak VG.

Jika catridge POD beresisten coil dibawah 1 ohm , dapat menggunakan liquid 60:40 atau bisa juga menggunakan liquid pods friendly. Beberapa liquid fruity yang kami rekomendasikan untuk Pod bisa simak artikel dibawah.

Baca Juga : Rekomendasi Liquid Fruity Untuk Pods; Pilihan Terbaik untuk Vapers

3. Gunakanlah Liquid yang Tidak Banyak Sweetener

Pemanis pada liquid merupakan salah satu ciri khas vape, Carilah liquid dengan kadar pemanis yang rendah sehingga tidak menimbulkan kerak yang menimbulkan rasa gosong.

Selain itu, menggunakan liquid yang mengandung perasa serta pewarna yang kuat dapat membahayakan kesehatan. Pastikan hanya menggunakan e-liquid baru dan produk original yang telah lolos uji.

4. Berikan Jeda

Berikan jeda atau sedikit jarak setiap beberapa puff yang dilakukan merupakan cara merawat catridge POD supaya tahan lama selanjutnya.

Misalnya setelah 5x puff, berikan jeda waktu selama 1 menit , tujuannya untuk memberikan kapas sedikit waktu sehingga dapat menyerap liquid dengan sempurna.

5. Perhatikan Waktu Charger

Jangan membiarkan vape pod dicharger semalaman, karena dapat merusak baterai. Isilah baterai secukupnya atau jika daya sudah terisi penuh langsung cabut. Dengan begitu baterai akan lebih awet baik dari segi daya yang disimpannya atau masa pakainya.

6. Ganti Coil Berkala

Coil merupakan salah satu aspek paling penting dari vape pod selain chipset, yang berfungsi sebagai denyut nadi ke sumber panas.

Untuk dapat menikmati pengalaman vape yang lebih baik, perlu merawat kumparannya. Gantilah coil secara berkala untuk mempertahankan vape selalau dalam kondisi terbaiknya.

7. Sering Memeriksa Vape

Usahakan untuk sering memeriksa vape dalam seharinya. Cabutlah catridge POD dan pastikan tidak ada basah kondensasi atau kebocoran liquid. Kalau ada cepat bersihkan dengan menggunakan tisu.

Jika kebocoran terus menerus, langsung saja ganti catridge POD-nya, dan pastikan cairannya tidak masuk sampai ke dalam internal vape pod karena tentunya akan menimbulkan kerusakan.

Banyak hal yang perlu diketahui oleh para vapers pemula. Selain cara menggunakannya, perlu juga untuk mengetahui cara merawat catridge POD supaya tidak mudah rusak dan awet.

Emkay Device Pods

Leave a Comment