Emkay.id
Edukasi

Kenapa Liquid Freebase Lebih Murah Dibanding Jenis Liquid Lain?

Liquid Kaze Lite

Bagi vapers biasanya tidak asing dengan jenis – jenis liquid yang ada di pasaran saat ini. Seperti liquid freebase yang di rancang untuk digunakan pada device mod dan liquid saltnic atau hybrid (pods friendly) yang digunakan untuk device pod. Setiap jenis liquid ini tentu memiliki karakteristiknya masing – masing.

Namun coba kita perhatikan dari sisi kemasan, umumnya liquid freebase memiliki ukuran kapasitas lebih besar yakni 60ml jika dibanding liquid saltnic atau liquid hybrid yang memiliki kapasitas setengahnya yaitu 30ml, tapi memiliki harga yang relatif sama. Atau jika kapasitas liquid freebase sama dengan liquid saltnic atau hybrid yakni 30ml, harga dari liquid freebase akan lebih murah. Lalu kenapa itu bisa terjadi? apakah hanya trik marketing atau ada faktor lain?

Karakteristik Liquid untuk Mod & Liquid untuk Pod

kenapa liquid freebase lebih murah

Dalam dunia vaping, pemilihan jenis liquid sangatlah penting untuk pengalaman vaping yang optimal. Terdapat dua jenis perangkat utama dalam dunia vaping, yaitu mod dan pod. Masing-masing jenis perangkat ini memiliki karakteristik yang berbeda, dan oleh karena itu, jenis liquid yang digunakan pun harus disesuaikan dengan karakteristik perangkat tersebut.

Baca Juga : Leaking Berbahaya? Ini Tips Agar Pods Anda Tidak Leaking

Tingkat Kekentalan Liquid

Device mod memiliki ukuran yang lebih besar. Tidak hanya ukuran, pembakaran yang dihasilkan oleh device mod juga lebih besar dibanding device pod. Oleh sebab itu umumnya liquid untuk mod akan lebih kental jika dibanding liquid untuk pod. Perbandingan PG/VG yang digunakan biasanya 30/70 atau 40/60.

Kadar Nikotin

Liquid untuk mod memiliki kadar nikotin yang terbilang kecil jika dibanding dengan liquid untuk mod. Lagi, hal ini dimaksudkan karena memang pembakaran yang besar. Jika menggunakan kadar nikotin yang tinggi seperti liquid pods maka akan membuat sangat tidak nyaman. Karena dengan pembakaran yang tinggi, cloud yang dihasilkan sangat pekat.

Baca Juga : Kenal Lebih Jauh Tentang 3 Jenis Liquid Vape, Saltnic, Freebase & Hybrid

Alasan Kenapa Liquid Freebase Lebih Murah Dibanding Liquid Saltnic

liquid freebase

Telah dijelaskan diatas bahwa liquid freebase memiliki karakteristik yang berbeda dengan liquid saltnic. Meski komposisi bahan yang digunakan hampir sama hanya intensitas/ kadar yang digunakan berbeda, berikut alasan kenapa liquid freebase lebih murah jika dibanding dengan jenis liquid yang lain.

1. Kadar Nikotin yang lebih sedikit

Telah kita tahu salah satu bahan yang digunakan dalam liquid vape ialah nikotin. Nikotin yang digunakan pada liquid freebase sendiri berbeda dengan jenis nikotin yang digunakan pada liquid untuk pods yang biasanya menggunakan Garam Nikotin (Salt Nicotine). Nikotin merupakan salah satu komposisi bahan yang terbilang paling mahal diantara bahan-bahan lain. Karena nikotin yang digunakan liquid freebase memiliki kadar yang rendah yakni hanya 3mg atau 6mg tentu hal ini akan mempengaruhi biaya produksi liquid freebase yang lebih rendah dibanding liquid saltnic.

2. Intensitas kadar bahan lain yang lebih rendah

Komposisi dalam pembuatan liquid tidak hanya PG/VG saja. Ada bahan-bahan lain yang digunakan untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai. Meski bahan yang digunakan liquid freebase & liquid saltnic/ liquid hybrid sama namun intensitas kadar yang digunakan berbeda. Sebagai contoh liquid vape dengan rasa yang sama, jika liquid freebase menggunakan kadar flavour 4% maka untuk liquid saltnic bisa naik menjadi 6%. Karena jenis nikotin akan mempengaruhi rasa. Bisa saja liquid saltnic menggunakan intensitas kadar yang disamakan dengan liquid freebase namun kenikmatan rasa yang diberikan akan jauh berbeda. Sudah kita jelaskan bahwa device pod memiliki tingkat pembakaran yang rendah.

Pembakaran yang rendah cloud yang di hasilkan juga kecil ditambah kadar nikotin yang tinggi akan semakin me reduksi rasa yang di hasilkan. Itu kenapa intensitas kadar komposisi bahan pada liquid saltnic lebih di tingkatkan jika di banding dengan liquid freebase meski memiliki komposisi yang sama.

Baca Juga : Apakah Bisa Liquid Freebase dipakai di Pod? Vapers Wajib Tahu

Kesimpulan

Meski terlihat sama tentu liquid freebase & saltnic memiliki karakter yang berbeda. Baik dari nikotin hingga kadar intensitas berbagai bahan yang ada di dalamnya. Itulah kenapa liquid freebase memiliki harga yang lebih murah jika dibanding liquid lain. Setiap jenis liquid tentu sudah dirancang sesuai dengan pada device apa nanti digunakan. Meski liquid freebase lebih murah perlu diingat liquid ini digunakan pada device mod yang mana pembakaran pada device mod lebih tinggi sehingga liquid cepat terbakar. Sehingga vapers akan lebih sering melakukan dripping untuk bisa menikmati vaping.

Emkay Device Pods

Leave a Comment