Emkay.id
EdukasiTips & Trick

Waktu yang Tepat Kapan Harus Ganti Catridge

Liquid Kaze Lite

Mengetahui waktu yang tepat kapan harus ganti cartridge wajib diketahui oleh para penggunanya. Hal terebut karena cartridge termasuk salah satu komponen penting dalam vape pod sehingga harus diperhatikan perawatannya.

Vape pod sendiri adalah salah satu jenis rokok elektrik atau vape yang tengah digandrungi banyak orang. Bahkan, penggunanya kini tidak hanya berasal dari kalangan dewasa saja, tetapi juga para remaja.

Vape jenis pod sedikit berbeda dibandingkan dengan mod, yakni terlihat dari ukurannya yang lebih kecil. Akan tetapi, versi pod sangat cocok apabila dipakai menggunakan freebase liquid dengan nikotin lebih tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Umur Cartridge Pod

Terkait waktu terbaik untuk mengganti cartridge, perlu dipahami beberapa hal yang memengaruhi umur dari komponen tersebut. Dengan mamahaminya, Anda nantinya bisa sekaligus memperpanjang umur cartridge.

1. Jenis Liquid Yang Digunakan

jenis liquid vape
jenis liquid vape

Hal pertama untuk perlu diperhatikan dalam menentukan kapan harus ganti cartridge ialah mengenai jenis liquid yang digunakan. Jenis liquid-nya memang berpengaruh terhadap umur dari vape pod. Juice intake vape jenis ini lebih kecil sehingga penyerapan liquid kental atau dengan VG tinggi cenderung sulit dilakukan secara sempurna. Pemakaian VG tinggi berisiko membuat cartridge-nya rentan gosong dan rusak.

Oleh sebab itu umumnya produsen akan memberikan jenis sesuai pada device mana liquid ini akan dipakai. Untuk pod biasa digunakan jenis liquid saltnic atau bisa juga menggunakan jenis liquid hybrid. kenapa sebab perbandingan antara PG/VG 50/50 sehingga liquid tidak terlalu kental.

Baca juga : 5 Rekomendasi Liquid untuk POD yang Wajib di Coba

Tidak hanya itu, kualitas liquid-nya juga memengaruhi umur dari komponen satu ini. Sebagai contoh, kalau liquid terlalu manis, cartridge-nya menjadi gampang berkerak serta membuatnya gosong.

2. Cara Vaping

rekomendasi liquid freebase emkay
cara vaping

Selanjutnya adalah kebiasaan cara vaping yang ternyata turut berpengaruh terhadap umur cartridge-nya. Hal yang memengaruhi disini adalah lama isapan dan kerja chain vape ketika sedang vaping. Apabila chain bekerja terlalu sering, nantinya komponen ini akan bekerja terlalu lama secara terpaksa. Hal tersebut membuat umurnya menjadi lebih pendek, bahkan berisiko terjadi dry hit sebab peyerapannya kurang optimal.

3. Terlalu Sering Refill Liquid

Intensitas melakukan refill juga perlu diperhatikan dalam menentukan waktu kapan harus ganti cartridge. Anda disarankan untuk melakukan refill 3 sampai 5 kali sehari menggunakan single device.

4. Waktu Refill Liquid

Refill liquid cartridge pod
Refill liquid cartridge pod

Hal terakhir yang memengaruhi umur dari cartridge adalah waktu untuk melakukan refill. Sebaiknya, pengisian ulang hendaknya dilakukan tanpa harus menunggu liquid habis sebab akan mengakibatkan dry hit.

Menentukan waktu terbaik kapan harus ganti cartridge memang berbeda antara satu dengan lainnya. Walaupun termasuk buatan pabrik, tetapi cukup sulit untuk mengidentifikasi kecacatan pada komponen ini.

Penggantiannya sangatlah penting untuk dilakukan demi menjamin kebersihan pod. Selain itu, penggantian tersebut juga diharapkan tetap menjaga rasa liquid supaya tidak berubah sehingga pengguna lebih nyaman saat vaping.

Secara umum, penggantiannya setidaknya dilakukan 7 sampai 10 hari sekali, tetapi bisa kurang atau lebih bergantung pemakaiannya. Jika terlalu sering, tidak ada salahnya diganti sekitar 3 sampai 4 hari sekali.

Memperpanjang Umur cartridge, Ikuti Tips Ini

Selain mengetahui waktu paling pas kapan harus ganti cartridge, perlu juga memahami tips memperpanjang umurnya. Dengan tips ini, Anda bisa berhemat dan tidak terlalu sering melakukan penggantian.

1. Isi Daya Cukup

Tips pertamanya adalah memastikan pengisian daya baterai vape secara cukup. Jika tidak dilakukan secara cukup, biasanya akan terjadi permasalahan tertentu, salah satunya adalah spit back.

Masalah tersebut sangat sering dialami para pengguna vape, yakni lidah terasa seperti terbakar serta bibir panas. Kondisi tersebut merupakan ciri-ciri dari masalah spit back dan kerap kali terjadi.

Permasalahan spit back perlu diwaspadai sebab bisa mengakibatkan cartridge rentan mengalami kerusakan. Cara mencegahnya ialah dengan mengisi daya baterainya dalam kapasitas cukup, setelah itu barulah digunakan.

2. Jangan Disimpan Sembarangan

Perlu diperhatikan bahwa vape pod bukanlah sebuah barang yang dapat disimpan secara sembarangan. Anda perlu memastikan tempat menyimpannya sudah tepat dan aman sebagai cara untuk memperpanjang umur cartridge-nya.

Anda hendaknya menghindari tempat menyimpan yang suhunya ekstrem karena akan memengaruhi kekentalan liquid. Jika terjadi kekentalan pada liquid, performa penyerapannya akan berjalan tidak sebagaimana mestinya.

3. Ketahui Limit Pengisian Daya

Tips terakhirnya adalah mengetahui bahwa komponen cartridge mempunyai limit pengisian maksimal daya. Apabila pengisiannya berlebihan, liquid akan terdorong oleh udara di dalam komponen tersebut sehingga menimbulkan kebocoran.

Kesimpulan

Telah kita ketahui bersama apa faktor yang bisa mempengaruhi usia pakai cartridge pod. Bijak dalam vaping sangatlah penting untuk dilakukan demi kebaikan diri sendiri. Dengan mengetahui beberapa hal di atas, Anda bisa menjaga kondisi cartridge sekaligus kapan harus ganti cartridge sehingga bisa berhemat. Untuk menggunakan liquid yang sesusi untuk pod, Anda bisa menggunakan produk dari Emkay Brewer seperti Emkay Blast Lite produk liquid saltnic rendah nikotin terbaru. Dan masih banyak pilihan liquid berbagai rasa dan kadar nikotin yang bisa Anda coba. Cek liquid pod di official website Emkay Brewer di emkay.id

Emkay Device Pods

Leave a Comment