Emkay.id
EdukasiInformasi

Masih Me-Rokok? Ini Dia Kelebihan Vape Dibandingkan Rokok Yang Wajib Anda Tahu

Liquid Kaze Lite

Kelebihan vape dibandingkan rokok menjadi topik yang menarik untuk di bahas, terutama bagi para pemula. Terkadang mereka masih ragu beralih ke rokok elektrik karena, berbagai macam pertimbangan.

Perbandingan keduanya memang sangat terlihat dari berbagai macam sisi. Mulai dari biaya, cita rasa, kesehatan dan lain sebagainya. Dengan mempertimbangkan semua itu, tidak ada salahnya untuk di coba.

Apalagi, produk ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, dibandingkan dengan rokok. Agar Anda semakin yakin untuk beralih ke Vape, kami akan bahas beberapa kelebihan yang didapatkan.

Berbagai Kelebihan Vape Dibandingkan Rokok

1. Faktor Efisiensi Harga

Kelebihan yang bisa dilihat adalah dari segi biaya. Hal tersebut pasti dirasakan sekali setelah beralih dari rokok konvensional ke vape. Coba bayangkan dan mari dihitung bersama, saat ini harga rokok dikisaran Rp25 ribu.

Anggap saja, Anda merokok 1 hari habis 1 bungkus maka dalam 1 minggu saja Anda sudah menghabiskan uang untuk rokok sekitar Rp 175.000. Dan jika dalam 1 bulan biaya yang Anda keluarkan bisa mencapai Rp750 ribu, cukup banyak bukan?

Inilah kelebihan vape dibandingkan rokok di tahap awal Anda perlu membeli Device dengan range harga Rp150 ribu s/d Rp 250 ribu tergantung merek dan fitur yang akan Anda gunakan dan harga tersebut sudah termasuk cartridge. Setelah itu Anda hanya perlu membeli liquidnya saja yang rata-rata kapasitas nya sebesar 15 – 30ml. Liquid sendiri harganya berada di kisaran Rp50 ribu sampai Rp200 ribu paling mahal tergantung dari merek. Untuk pemakaian yang lumayan sering Liquid sendiri bisa habis dalam waktu 1 – 2 minggu. Namun untuk orang pada umumnya bisa bertahan lebih dari 2 minggu bahkan 1 bulan.

Bisa dikatakan untuk tahap awal nge-vape kita butuh kurang lebih Rp250 ribu s/d Rp600 ribu jika Anda beli produk-produk yang terbilang premium. Tentu harga ini hanya untuk di awal ketika mulai pindah ke vape, setelahnya hanya Anda perlu beli Cartridge dan liquid. Sedangkan untuk device nya sendiri, Anda hanya tinggal charge. Cost yang Anda keluarkan di bulan berikutnya hanya berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp300 ribu per bulan.

Selisih yang bisa Anda hemat ialah sebesar Rp400 ribu sampai Rp650 ribu perbulan jika dikali satu tahun Anda sudah berhasil menghemat Rp 4.800.000 sampai Rp 7.800.000. Selisih tersebut jika kita komparasi antara vape dengan harga rokok Rp25 ribu perbungkus dan penggunaan 1 bungkus 1 hari. Jika Anda merupakann perokok aktif yang bisa menghabiskan 1 hari lebih dari 1 bungkus, dan harga rokok yang Anda beli di atas Rp25 ribu tentu selisih hematnya akan jauh lebih besar lagi jika Anda mulai beralih ke Vape.

Bukan hanya dari segi efisiensi biaya saja, masih ada beberapa kelebihan vape dibandingkan rokok yang perlu diketahui.

2. Bahaya Kesehatan

Vape vs Rokok
Vape vs Rokok

Salah satu masalah utama dalam merokok adalah bahaya kesehatan yang muncul karena ada efek samping yang merusak organ. Tenang saja, beberapa penelitian menyebutkan bahwa, Vape lebih sehat.

Bahkan, beberapa orang mengaku setelah beralih mereka menjadi terasa lebih baik. Awalnya merasa sesak nafas, sekarang tidak ada sama sekali. Justru merasa pernafasan menjadi lancar dari sebelumnya.

Ada lagi yang mengatakan bahwa, setelah beralih mereka merasakan tidur menjadi nyenyak. Dengan begini saat bangun pagi, menjadi lebih fresh dibandingkan sebelumnya. Satu poin penting yang harus dijadikan pertimbangan.

Kelebihan vape dibandingkan rokok memang terasa sekali kepada para penggunanya. Apabila, ada yang mengatakan bahwa, roko itu adalah penghilang stress, Begitu pula dengan Vape punya peran sama.

Perbedaannya, produk ini masih memberikan kesehatan bagi tubuh dan meminimalkan efek samping jangka panjang. Inilah alasannya kami menyarankan Anda untuk segera beralih tanpa harus menunggu lagi.

Mengingat sekarang begitu banyak penyakit bermunculan, rasanya menjaga kesehatan dengan mengubah kebiasaan kurang sehat perlu segera ditingkatkan serta disegerakan. Kalau Anda masih muda, agar usia tua tetap sehat.

Tidak hanya untuk Anda asap yang dihasilkan dari vape bukan lah asap sesungguhnya, melainkan uap air. Dan banyak penelitian yang mengatakan bahwa uap asap yang dihasilkan jauh lebih baik dibanding asap yang dihasilkan dari rokok karena mengandung TAR. Untuk pembuktiannya tim Emkay Brewer telah melakukan eksperimen kecil terhadap asap rokok & asap dari vape ini. Untuk detailnya bisa lihat video dibawah ini.

2. Tidak Menyebabkan Bau Badan

Bau Rokok
Bau Rokok

Kelebihan vape dibandingkan rokok berikutnya adalah bau dari asap yang dihasilkan. Saat melakukan aktivitas merokok, biasanya asap tersebut akan menempel pada baju ataupun benda disekitarnya. Tidak hanya itu bau tersebut juga akan menempel di mulut tangan dan anggota tubuh lain yang terpapar asap rokok tersebut, sehingga menimbulkan bau khas dan itu tidak enak.

Bukan hanya itu saja, asap yang menempel pada baju tersebut, kalau Anda menggendong bayi. Maka akan terhirup dan efeknya kurang bagus bagi anak tersebut. Begitu menakutkan bukan, bila Anda masih merokok tembakau?

Bahkan, kalau sering terkena asap seperti ini, bisa merusak kain dan membuat mencuci menjadi lebih sulit, bagaimana dengan Vape yang juga mengeluarkan asap? Menariknya bau tersebut tidak ada sama sekali.

Inilah kelebihan vape dibandingkan rokok yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda. Pada dasarnya asap yang muncul merupakan pembakaran liquid sehingga, asap yang dihasilkan bukan lah asap yang sebenarnya melainkan uap air. Karena hal inilah kenapa mudah untuk menguap atau menghilang. Walau terlihat sederhana, tetapi bisa jadi penilaian penting terutama saat bertemu tamu penting atau pasangan. Dan tentunya asap pada vape tidak menyebabkan bahaya seperti halnya asap rokok konvensional yang tidak hanya meninggalkan jejak bau tapi juga berbahaya baik bagi perokok maupun orang disekitarnya (Perokok pasif).

 

3.  Punya Banyak Pilihan Rasa

Punya Banyak Rasa
Punya Banyak Rasa

Kelebihan vape dibandingkan rokok berikutnya adalah mempunyai banyak rasa, Anda dapat memilih sesuai keinginan serta selera. Bahkan, beberapa orang sering mengganti-ganti rasa untuk agar tidak bosan dalam melakukan aktifitas vaping.

Menariknya lagi, setiap brand hampir selalu mengeluarkan produk baru. Hal tersebut memicu rasa penasaran cukup tinggi. Apalagi kalau brand yang sudah terkenal dengan rasanya yang enak seperti Emkay Brewer yang sudah terkenal menjadi salah satu produsen liquid lokal yang menghgasilkan liquid premium.

Mau menikmati sensai rasa segarnya buah, Anda bisa mencari liquid fruity. Atau jika Anda menyukai sensai rasa manis, Anda bisa mencoba liquid creamy seperti Bananalicious, King Reserve dsb.

4.  Lebih Ramah Lingkungan

Sampah Vape
Sampah Vape

Kelebihan vape dibandingkan rokok adalah lebih canggih, karena Anda hanya perlu pengisian daya menggunakan charger. Untuk mayoritas device vape Anda hany tinggal isi ulang liquid didalamnya jika sudah habis. Meskipun memang ada masa pakainya umumnya Anda hanya perlu mengganti catridge ketika rasa yang dihasilkan sudah mulai berubah atau ada aroma sangit. Umumnya 2 Minggu bahkan bisa lebih untuk penggantian cartridge. Sehingga dari sisi lingkungan tergolong lebih aman.

Puntung rokok yang dibuang sembarangan, bisa menyebabkan kerusakan lingkungan akibat produknya tidak dapat di daur ulang oleh alam. Selain itu juga dapat memicu kebakaran jika rokok yang baru dipakai dibuang sembarangan tanpa mematikan bara yang masih menyala pada rokok tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan yang kami jelaskan diatas antara rokok konvensional dengan vape. Dari sisi harga vape sudah menang, dari sisi rasa vape juga menang karena memiliki banyak rasa. Dari sisi kesehatan pun vape jauh lebih baik jika dibanding rokok konvensional. Baik bagi si pengguna maupun orang disekitar.

Jadi harusnya tidak ada alasan lagi untuk mulai beralih ke yang lebih baik. Belum terlambat untuk berpindah dan menikmati cita rasa yang beragam. Pada awalnya memang sulit, hanya saja lambat laun Anda akan mendapatkan sensasinya. Karena ada banyak kelebihan vape dibandingkan rokok.

 

Emkay Device Pods

Leave a Comment