Emkay.id
Edukasi

Apa Itu Vape Tongue, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Liquid Kaze Lite

Apa itu vape tongue pastinya menjadi pertanyaan yang sudah banyak dilontarkan. Hal tersebut akan cenderung banyak dijumpai dikalangan pecinta vape. Namun juga masih banyak pengguna yang belum memahaminya dengan baik. Vape tongue, atau yang dikenal juga sebagai “vaper’s tongue,” merupakan fenomena yang sering dialami oleh para pengguna vape.

Efek ini membuat pengalaman vaping menjadi kurang memuaskan dan dapat mengganggu kepuasan dalam menikmati rasa liquid. Penting bagi para pengguna vape untuk mengenali vape tongue dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Apa Itu Vape Tongue Simak Pengertian dan Gejalanya

Sebagian orang tentunya sudah tidak asing dengan salah satu kondisi dikalangan pecinta vaping satu ini. Meski demikian masih ada beberapa orang, yang mengalaminya dan belum mengetahui secara pasti terkait kondisi tersebut.

Lantas apa itu vape tongue? Hal ini merupakan salah satu kondisi dimana seseorang kehilangan kemampuan, untuk merasakan rasa liquid yang dihisapnya. Beberapa orang dengan kondisi tersebut cenderung mengganggu pengalaman vapingnya.

Secara umum kondisi tersebut akan dialami oleh semua vapers pada beberapa waktu. Meski demikian siklus waktu bagi setiap orang cenderung berbeda-beda. Beberapa orang ada yang mengalami mulai dari beberapa jam, hari sampai dengan dua minggu.

Ketika seseorang mengalami vape tongue, mereka akan mengalami penurunan atau bahkan kehilangan selera terhadap rasa dari liquid vape yang mereka gunakan. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kelelahan atau desensitisasi pada reseptor rasa di lidah akibat penggunaan terus-menerus dari jenis liquid yang sama atau penggunaan vape dengan wattage yang terlalu tinggi.

Pada dasarnya beberapa waktu lalu kondisi ini sudah umum terjadi di kalangan vape. Hal tersebut karena posisi lidah vapers mengembang dan menjadi tebal. Tentunya dengan kondisi tersebut akan menghalangi penyerapan liquidnya.

Meski demikian hal tersebut tidak akan mengganggu proses penyerapan nikotin pada vape. Selanjutnya setelah memahami apa itu vape tongue, selanjutnya pastikan untuk mengetahui gejalanya lebih dahulu.

Baca Juga : New Vapers Wajib Tahu, Bolehkah Gonta Ganti Liquid pada Catridge POD

Gejala pada tiap individu tentunya bisa saja berbeda. Namun Anda bisa melihat beberapa persamaan gejalanya seperti penjelasan disini. Pertama adalah pemakaian rasa vape sama dalam kurun waktu lama.

Hal tersebut secara psikologis dapat membuat lidah merasakan sensasi sama, sehingga otak bisa menstimulusnya. Sedangkan kedua adalah lidah atau indera penciuman mengalami masalah. Masalah tersebut seperti flu, mulut kering dan terasa tidak nyaman.

Sedangkan gejala ketiga adalah stress yang kemudian berpengaruh pada kinerja fungsi tubuh. Hal ini akan mengakibatkan pemakaian vape menjadi kurang maksimal dan bisa membuat Anda terkena kondisi tersebut.

Ketahui Cara Mengatasi Vape Tongue di Bawah Ini

Sesuai dengan penjelasan diatas maka Anda bisa mengetahui bahwa intensitas berlebihan dapat membuat lidah mengalami mati rasa. Hal ini dapat mengantarkan pengguna pada kondisi tersebut. Sehingga dapat membuat lidah tidak sensitif terhadap rasa.

Namun pastinya Anda tidak perlu khawatir sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk dicoba, yaitu:

1.  Minum Air Secara Cukup

Salah satu penyebab umum dari kondisi ini adalah dehidrasi. Sehingga pastikan untuk minum air putih secara cukup agar bisa memperbaiki kondisi tersebut.

2. Konsumsi Makanan Berbeda

Tips selanjutnya adalah mengonsumsi jenis makanan berbeda agar bisa membantu memperbarui cita rasa pada lidah. Hal ini dapat menjadi salah satu langkah tepat untuk membantu Anda dalam mengatasinya.

3. Ganti Liquid

Emkay Frizz
Emkay Frizz

Diatas Anda sudah mengetahui pengertian apa itu vape tongue. Dimana hal tersebut merupakan hilangnya kemampuan untuk merasakan rasa liquid. Sehingga Anda bisa mengatasinya dengan mencoba varian rasa berbeda.

Sebab pada dasarnya terlalu sering menggunakan rasa sama akan berpengaruh pada kemampuan mengecap pada lidah. Maka dari itu pengguna bisa untuk mengganti liquid dengan rasa berbeda untuk membantu perbaruan sensasi rasa pada mulut.

Jika saat ini anda sedang menggunakan liquid Emkay frizz maka alternatif lain yang bisa anda coba adalah produk baru dari emkay yaitu Emkay Blast Lite. Liquid pod rendah nikotin ini memiliki 3 varian rasa yang cocok untuk new vapers.

Baca Juga : Rekomendasi Pilihan Liquid Pod Rendah Nikotin Untuk New Vapers

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Cara keempat adalah dengan memperhatikan kebersihan mulut dengan baik dan rutin. Pastikan untuk menyikat gigi, berkumur-kumur dengan mouthwash agar pembersihan lebih maksimal.

Hal tersebut dapat membantu dalam mengurangi penyebab mulut kering sebagai salah satu gejala kondisi ini. sehingga dengan begitu Anda bisa mengatasi gejalanya dengan mudah.

5. Kurangi Alkohol dan Kafein

Terakhir adalah pastikan untuk mengurangi konsumsi kandungan alkohol dan kafein. Hal tersebut dapat membuat mulut terasa semakin kering. Selain itu konsumsi kedua kandungan tersebut dapat memperburuknya.

Hal tersebut karena keduanya termasuk diuretik sehingga bisa memproduksi urin lebih banyak. Sehingga bisa membuat pengguna mengalami dehidrasi lebih mudah terutama bagi vapers aktif.

Pada dasarnya kondisi ini merupakan hal wajar bagi para vapers. Meski informasi ini sangat penting untuk membantu pengalaman vaping pengguna. Tentunya dari sini Anda bisa mengetahui pengertian apa itu vape tongue dan informasi lengkap lainnya.

Emkay Device Pods

Leave a Comment